Tanaman nilam ini berasal dari negara vilipina yang disebut dengan nama lain pogostemon cablin benth, namun tanaman ini telah banyak dibudidayakan di indonesia, di jawa, sumatra, sulawesi dll.
Selain memiliki bau yang sangat wangi, ternyata nilam juga memiliki keistimewaan dan manfaat yaitu.

Nilam biasanya diambil minyak atsirinya sebagai bahan pembuat varfum, kosmetik, namun tak jarang minyak nilam juga dibuat sebagai obat antiseptik, anti jamur, anti jerawat, kulit pecah-pecah serta ketombe. Tak hanya itu saja manfaat lainnya adalah mengurangi peradangan, membantu mengurangi gelisah atau depresi,membantu penderita insomnia atau gangguan tidur dan bersifat afrodisiak meningkatkan gairah seksual, sebagai obat batuk, demam, asma, disentri, sakit kepala, obat bisul dan rematik.

Pada dasarnya bukan hanya minyak yangsudah jadinya saja yang bisa digunakan sebagai pengobatan, namun akar dan daun nilam juga dapat bermanfaat sebagai obat rematik dengan cara meremas akar dan daun nilam lalu dioleskan ke bagian yang sakit, Sedangkan untuk mengobati bisul dan sakit kepala, daun Nilam yang diremas lalu dioleskan pada tempat yang sakit sangat manjur untuk mengobatinya.

Demikian sekilas tentang Manfaat Minyak, Daun dan Akar Nilam Bagi Kesehatan Tubuh semoga bermanfaat.

Post a Comment

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.