Cara Mengatasi Malware Blog
Tips Seo Untuk Blogger
Cara Menghapus Virus Malware Blogger-Baru beberapa hari saya tidak buka ini blog ternyata ada serangan Virus Malware dari para pemula-pemula yang lagi ngetes ilmu baru.Nah pada artikel kali ini saya akan bahas Tips Mengatasi Virus Malware Pada Blog.

Biasanya blog-blog yang terindikasi virus/malware akan berdampak pada index di google dan dampak itu biasanya artikel yang turun posisi serp terkadang juga blog kita pun turun peringkat.

Bahkan tidak sedikit blog atau pun artikel yang hilang sama sekali dari search engine seperti Google,Bing atau pun Yandex.Dan biasanya juga malware atau virus yang menyerang blog-blog kita dari:


abuse@namadomain.xyz
admin@namadomain.xyz
administrator@namadomain.xyz
contact@namadomain.xyz
info@namadomain.xyz

Pokoknya kebiasaanya domainnya yang berakhiran dengan XMZ tapi tidak berarti juga semua domain xmz penebar malware atau virus.Sekarang bagaimana cara kita mengetahui bahwa blog kita terindikasi malware? seperti yang saya jelaskan diatas bahwa blog yang terindikasi malware atau virus biasanya Artikel kita yang jauh melorot bahkan ada yang tak terbaca sama sekali oleh search engine dan ada pula Blog atau Website milik kita terlempar dari mensin pencarian.

Blog Yang Terindikasi Malware atau Virus.
Salah satu proses masuknya malware atau badware ke dalam website bisa disebabkan oleh administrator website itu sendiri. Biasanya terjadi pada saat melakukan upload file ke hosting yang menggunakan komputer yang sudah terinfeksi virus.Sehingga sebelum file terupload ke hosting maka akan terlebih dahulu terinjeksi virus di komputer lokal.

Dan pada saat Google mengindex website tersebut kemudian menemukan adanya mallicious script atau malware atau badware tertanam di website tersebut maka google akan langsung memberikan Label Badware atau Malware dalam SERP mereka begitu pun beberapa browser biasanya akan memblokirnya juga. Selain karena kecerobohan administrator website sendiri malware juga bisa di injectkan ke website oleh orang lain.Hal ini bisa dikarenakan tingkat security website yang masih rendah atau adanya bug atau celah keamanan pada website sehingga mudah ditembus oleh hacker bau kencur.

Cara Mudah Mengatasi Malware Blogger.
Caranya masuk ke direktori website anda dari cPanel lalu cari apakah terdapat file file aneh yang tidak dikenal.Contohnya [huruf acak].php [huruf acak].html [huruf acak].sql jika ada bisa langsung menghapusnya jika tidak yakin silahkan backup dahulu.Selain itu bisa dicek file index.php pada website dan juga pada theme yang digunakan karena biasanya file ini yang sering terkena Inject.

Apabila tidak menemukan adanya file aneh atau file yang terinjeksi langkah terakhir untuk memastikan dan mencari malware tersebut adalah dengan cara download file website secara keseluruhan ke komputer lokal.Pastikan komputer bebas virus kemudian lakukan scanning menggunakan antivirus dengan update terbaru.Nah jika malware ditemukan lihat file apa yang terinfeksi jika termasuk file website maka bisa kita replace dengan file asli website tetapi jika ternyata merupakan file yang tidak dikenal bisa hapus saja.

Bantuan Google Lewat Review Blog.
Setelah malware dibersihkan selanjutnya upload ulang file website atau jika ingin cara yang lebih simpel tinggal timpa saja file website yang terinfeksi malware dengan file default website.Selanjutnya untuk menghilangkan blacklist Google kita harus meminta Google untuk mereview website kita caranya melalui layanan Google Webmaster Tool berikut caranya:
Masuk ke https://www.google.com/webmasters/tools.

Daftarkan website di google webmaster tools lalu lakukan verifikasi atau verify.Untuk cara verifikasi bisa dengan cara upload file nama file biasanya sih namanya filenya begini:
googlefc91be7d5e697d70.html
Dan disediakan google kemudian upload ke direktori website setelah itu di dashboard Google Webmaster Tool akan terlihat url website kita.
Apabila website masih dalam keadaan terdeteksi malware maka akan terlihat icon tanda seru merah yang menandakan ada yang tidak beres dengan website tersebut lihat foto ini:Selanjutnya klik saja alamat websitenya lalu klik Request review kemudian masukan keterangan bahwa website tersebut sudah bebas dari malware dan meminta pihak google untuk mereviewnya coba lihat contoh foto: Klik Ok lalu tunggu maksimal 2×24 jam maka blacklist atau malware detected terhadap website akan hilang. Nah setelah semua dudah dilakukan dengan benar maka blog atau website kita akan bersih dari malware.

Moga saja ini bisa membantu bagi teman-teman semua yang kebetulan blog atau websitenya lagi diserang malware dan juga terima kasih sudah baca artikel saya tetang Cara Menghapus Virus Malware Blogger.
Labels:

Post a Comment

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.