Cara Mengobati Sakit Pinggang
Cara Mengobati Sakit Encok.
Cara Mengobati Penyakit Encok atau Sakit Pinggang-Penyakit ini hampir diderita oleh semua kalangan baik tua atau pun muda dan itu juga sempat saya alami biasalahhhh seorang blogger kalau tidak sakit pinggang kaga keren eeuuy.

Coba pikir gimana kaga sakit encok duduk di muka komputer aja berjan-jam sambil browsing kaga tau arah dan tujuan..hahhaa.

Memang kalau kita sudah ada terindikasi sakit encok rasa-rasanya bangun pagi aja pingggang harus diputer-puter dulu sampai ada bunyi prookk..prook..prook.

Nah kali saya akan coba share cara mengatasi sakit pinggang atau sakit encok tersebut dan cara ini sudah pernah saya coba dan alhamdulillah sekarang untuk sakit pinggangnya gak berkurang dibanding kemaren dan berikut selengkapnya.

Penyebab Encok atau Sakit Pinggang.
Namun meskipun tergolong sebagai penyakit yang wajar dan umum jangan menyepelekan penyakit pinggang karena bisa menjadi awal penyakit berbahaya lainnya.Biasanya tanda dari penyakit ini adalah merasakan ketegangan otot pada saat melakukan aktivitas baik itu jenis aktivitas biasa atau juga aktivitas berat seperti mengangkat beban.

Nah berikut ini beberapa penyebab dari sakit pinggang yaitu:
Faktor usia mereka yang sudah tua tentunya berbeda dengan yang masih muda berbagai macam masalah kesehatan sangat rentan menjangkiti.Salah satunya adalah bagian sendiri yang sudah tak seaktif dulu sedikit saja gerakan salah maka berakibat buruk pada tulang mereka.

Pengapuran atau yang lebih dikenal dengan osteoporosis merupakan hal yang sangat umum dialami oleh manusia di usia senja apalagi oleh wanita.Keadaan ini dapat mengakibatkan jepitan yang terjadi pada syaraf belakang sehingga menimbulkan rasa yang sakit.

Sering menggunakan sepatu hak tinggi hal ini jika terus dilakukan ternyata berdampak buruk pada postur tubuh.Beberapa tekanan bisa terjadi pada ruas ruas tulang belakang dan menyebabkan rasa sakit.

Otot tegang kecelakaan pada saat melakukan olahraga karena kurang melakukan pemanasan sehingga otot tubuh menjadi tegang.


Salah gerak saat kita terlalu lama dalam posisi yang sama kemudian dengan tiba-tiba melakukan gerakan yang keras.Automatis bagian tubuh seperti pinggang belum sempat untuk meresponnya sehingga memicu rasa sakit.

Penggunaan alas tidur yang tak rata khususnya jika memiliki kebiasaan menggunakan bantal pada pinggang saat tidur.

Dan jika berlangsung secara terus menerus dapat menyebabkan postur tulang belakang berubah dan memicu rasa sakit.Jadi menilik dari penyebabnya tersebut sakit pinggang memang terlihat hanya dialami oleh orang-orang yang sudah tua saja namun pada kenyataannya anak-anak juga bisa terkena hal tersebut.Itu karena salah melakukan gerakan atau mungkin posisi sehari-hari seperti tidur dan juga duduk yang salah sehingga bagian syaraf belakang terjepit dan mengakibatkan rasa sakit.

Sakit pinggang juga bisa menjadi indikasi adanya penyakit yang lebih serius semisal osteoporosis atau penyakit ginjal.Maka dari itu sakit pinggang juga harus diwaspadai terutama penyebabnya.Dan berikut ini adalah:

Cara Pengobatan Sakit Encok atau Sakit Pinggang Secara Tradisional.

  • Air Puith.
Ini adalah cara pengobatan yang sangat simpel sekali asal diamalkan secara rutin Insya Allah Sakit Pinggang atau Penyakit Encok kita akan berkurang.Biasanya kalau saya pribadi mengamalkan minum Air Putih ini di waktu pagi dan ingin tidur malam minimal saya mengkonsumsi 2 gelas.

  • Temulawak.
Temulawak memang sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman obat berkhasiat.Salah satunya menyembuhkan sakit pinggang.Caranya mudah ambil 1 rimpang temulawak 1 rimpang kunyit sebesar ibu jari dan 1 genggam daun kumis kucing.Semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air hingga mendidih lalu disaring.Airnya diminum satu kali sehari sebanyak satu gelas tiap kali minum.

  • Daun Landep.
Selain bisa digunakan untuk Meringankan sakit kepala daun landep ini ampuh juga mengatasi sakit pinggang dan rematik.Caranya ambil segenggam daun landep kemudian cuci dan digiling sampai halus.Tambahkan air kapur sirih secukupnya sambil diaduk merata sampai berbentuk seperti adonan.Lalu balurkan ramuan tersebut ke bagian pinggang yang sakit.

  • Daun sirsak.
Daun sirsak merupakan obat tradisional yang sedang hangat dibicarakan saat ini karena kemampuannya dalam mencegah kanker.Namun bukan hanya penyakit berat seperti kanker sakit pinggangpun bisa diobati dengan daun sirsak.Caranya ambil 20 lembar daun sirsak kemudian direbus dengan 5 gelas air hingga tinggal 3 gelas.Air rebusan daun sirsak tersebut diminum sekali sehari dengan dosis 3/4 gelas setiap kali minum.

  • Daun Kecubung.
Untuk mengobati sakit pinggang sediakan 4 lembar daun kecubung kemudian dihaluskan dengan kapur sirih secukupnya hingga terbentuk sebuah adonan.Nah adonan tersebut dioleskan pada pinggang yang sakit sebagai balsem.Ramuan ini juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit bisul dan luka memar.

  • Daun Pinang.
Jika buah pinang sering digunakan sebagai bahan makan sirih maka daunnya berkhasiat untuk mengatasi sakit pinggang.Caranya mudah ambil beberapa lembar daun pinang kemudian digiling atau dtumbuk hingga halus.Campur dengan minyak kelapa seperlunya panaskan sebentar diatas api sabil aduk rata.Ramuan tersebut digunakan untuk mengompres bagian pinggang yang sakit.

  • Biji Blustru.
Biji blustru secukupnya disangrai sampai hangus lalu giling sampai halus dan masukkan ke dalam stoples.Jika akan digunakan ambil sebanyak 10 gram lalu masukkan ke dalam 1/2 seloki air kelapa.Aduk merata lalu endapkan.Airnya diminum sekaligus sedangkan ampasnya dibubuhkan ke bagian pinggang yang sakit.

  • Halia.
Halia ini masih satu keluarga dengan jahe dan temulawak.Karena itu khasiatnya juga tidak perlu diragukan lagi.Ambil 4 atau 8 rimpang umbi halia sebesar ibu jari dan buah asam jawa yang sudah masak secukupnya.Umbi halia diparut dan campur dengan buah asam jawa kemudian dioleskan pada bagian tubuh yang sakit.

  • Herba Sangitan.
Ambil 15-30 gram herba sangitan cuci bersih dan potong-potong kasar.Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas.Setelah dingin airnya disaring dan diminum.Bisa juga dioleskan pada pinggang yang sakit atau bengkak.

Demikianlah cara menangani sakit pada pinggang atau yang lebih dikenal dengan sakit encok moga saja bisa bermanfaat khusnya bagi yang sedang mengalami sakit pada pinggang apalgi bagi kita-kita yang hobby maen komputer atu laptop yang duduknya aja sudah berjam-jam.Terima kasih sudah singgah di blog saya sekaligus komentar pada artikel Cara Mengobati Penyakit Encok atau Sakit Pinggang.

Sumber: Google-Wikipedia.
Foto: Google.
Labels:

Post a Comment

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.