Salam Kuliner sejati, Biacara mengenai jajanan saat ini sangat marak sekali  beraneka ragam jajanan nusantara dengan berbagai cita rasa tersendiri, nah pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi dengan anda mengenai resep dan cara membuat kue kering, kali ini saya sedikit menggunakan bahan tambahan yaitu kacang tanah sebagai pemanis dan tampilan rasanya.

Dalam prakteknya membuat kue keju bisa dilakukan dengan berbagai cara, ada yang langsung mencampurkannya ke dalam adonan sehingga kuenya akan terasa asin ketika dimakan karena sesuai dengan rasa keju yang dicampur tadi, ada juga yang ditaburkannya dipermukaan atasnya dengan cara diparut terlebih dahulu sebagai styl/gaya tersendiri, biasanya kue keju ini dibuat dengan ukuran pipih atau bulat seperti digulung, dan biasanya kue keju ini akan menjadi makanan penutup setelah menyantap makanan pedas.

Resep dan Cara Membuat Kue Keju Kering Sajian Lebaran
Resep dan Cara Membuat Kue Keju Kering Sajian Lebaran

Berbicara tentang resep dan cara membuatnya pati tidak lepas dari yang namanya takaran dari masing-masing bahan yang digunakan, karena rasa, tampilan, aroma dan sebagainya ditentukan dari takaran yang bahannya.
Bahan-Bahan:
  1. 150 grm margarin kemasan yang masih baru.
  2. 1 btr telur ayam, yang dikocok lepas. Pilih yang kuningnya terang jika ada.
  3. 1/2 sdt garam dapur halus atau pun yang kasar tapi telah dihaluskan.
  4. 25 grm tepung maizena. Ini bisa di dapatkan di toko kue.
  5. 110 grm tepung terigu dari jenis protein rendah
  6. 50 grm keju jenis cheddar yang telah diparut kasar dan agak besar agar tidak mudah hancur.
  7. 50 grm kacang tanah yang telah sangrai sebelumnya, kemudian dicincang agak kasar. Usahakan jangan terlalu halus karena mengurangi tampilan kue kejunya.
Cara membuat:
  1. Pertama kali yang harus dilakukan adalah dengan mengocok margarin bersama garam kurang lebih 30 detik saja. Setelah tercampur dengan baik maka selanjutnya tinggal masukkan telur ayamnya dan terus dikocok hingga betul-betul rata.
  2. Masukkan tepung terigu dan juga tepung maizena sesuai takaran yang telah ditentukan, tapi agar kotoran kasar yang tercampur dengan tepung tidak masuk dalam adonan kue kering keju maka usahakan dituang sambil diayak di bawahnya dan terus diaduk agar rata dan tidak menggumpal.
  3. Tambahkan kacang tanah yang telah dicincang kasar dan juga keju cheddar yang telah diparut. Aduk sampai rata.
  4. Jika pencampuran dan pengadukan bahan sudah betul-betul sempurna, dalam hal ini adonan keu keju telah kalis yang bisa dibuktikan dengan dicubit, selanjutnya tinggal dibentuk, bisa dengan digulung terlebih dahulu kemudian dicetak dengan alat yang terbuat dari seng atau bisa juga kalau tidak mau repot bisa dengan menyendok adonan kue kejunya lalu taruh langsung di loyang yang dioles margarin. Baru kemudian di pipihkan dengan ditusuk-tusuk garpu agar terlihat tekstur unik di permukaannya.
  5. Terakhir, tinggal masukkan dalam Oven selama kurang lebih 30 menit dengan suhu kira-kira 140 derajat Celsius.
Tips:
  • Taburan keju dalam pembuatan kue kering ini bisa juga ditambahkan setelah kue terlihat setengah matang, tapi bisa juga saat sebelum dipanggang.
  • Gunakan keju yang agak padat untuk menghasilkan parutan yang sempurna. Sebaiknya dipilih yang jenis cheddar yang dijual dalam bentuk kemasan.
  • Jika ingin lebih terlihat manis, bisa juga diolesi lagi dengan kuning telur di atasnya. Ini dapat membuat kue terlihat kekuning-kuningan dan lebih menarik dibanding dibuat polos dan pucat.
  • Untuk memilih yang model digulung maka caranya ratakan adonan kue keju terlebih dahulu menggunakan alat khusus atua bisa juga dengan botol bekas, kemudian potong berbentuk persegi kecil lalu gulung. Dan untuk menghasilkan tampilan yang lebih sempurna, maka setelah digulung ditekan sedikit agar terlihat agak pipih.
Demikianlah ssekilas tentang berbagi resep dan cara membuat kue keju kering semoga bermanfaat artikel ini bukan semata-mata asli dari buah tangan saya sendiri melainkan ada juga saya mengambil referensi dari berbagai sumber yang menurut saya bisa untuk dijadikan referensi. salah satunya saya kutip dari situs : http://www.caraspot.com/kue-keju-kering.html
Labels:

Post a Comment

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.