Kamu sering mengalami hambatan dalam setiap lakah untuk menuju kesuksesan. Hambatan bukan hanya menjadi penghalang seseorang untuk sukses, namun hambatan tersebut kadang menjadikan kegagalan yang beruntun bagi seseorang.

Seseorang yang tidak bisa mengatasi hambatan akan sulit baginya untuk mencapi sebuah kesuksesan. tidak semua apa yang menjadi upaya dalam hidupnya juga akan mengalami hal yang mudah dan mulus. Naik turun dalam dunia ini adalah hal yang biasa. Nah untuk membentuk pola pikir yang produktif seperti kamu mengenal seseorang yang produktif dalam kehidupannya, karena mereka bisa melakoni banyak hal dalam hidupnya, baik untuk dirinya sendiri, teman, keluarga, masyarakat dan perusahaan sedangkan kita tidak, apa yang harus kamu lakukan untuk menjadi hidup yang lebih produktif?

Ternyata jawabannya agar kamu bisa lebih produktif adalah kamu harus bisa merubah midset. Dengan pola pikir yang benar akan membawa seseorang menjadi lebih produktif dalam memanfaat kan waktu yang kamu miliki. Nah perlu saya jelaskan pengertian dari mindset itu apa?

Mindset berawal dari kata Mind dan Set
Mind atau pikiran adalah konsep pikiran seseorang yang mampu dipahami dengan berbagai cara secara tradisional

Mind memiliki fungsi penting diantaranya adalah akal, memori, imajinasi, emosi, perhatian, persepsi dan terbebas dari kapasitas untuk berkomunikasi

Set : Mengutamakan kemampuan suatu kegiatan dalam keadaaan yang utuh

Mindset adalah :
  • Suatu kepercayaan yang mempengaruhi sikap atau tingkah laku seseorang
  • Suatu cara berpikir untuk menentukan sikap maupun pandangan masa depan seseorang
  • Sikap seseorang yang menentukan suatu respon maupun pemaknaan situasi yang sedang dialami
  • Kepercayaan dan cara berpikir seseorang yang akan mempengaruhi sikap maupun perilaku seseorang untuk menentukan keberhasilan hidup
Jadi upaya kamu untuk menjadi seseorang yang produktif dengan membentuk mindset yang produktif Melalui cara-cara berikut ini.

1. Fokus Pada Solusi
5 Langkah Membentuk Pola Pikir Atau Mindset Yang Produktif
5 Langkah Membentuk Pola Pikir Atau Mindset Yang Produktif
Dalam sebuah kehidupan seseorang bisa saja terjebak dalam sebuah masalah, ada banyak permasalahan hidup yang hadir silih berganti dalam kehidupan sehari-hari. Terkadang kamu terjerembab dalam sebuah masalah dan berputar-putar tanpa menemukan solusinya. Salah satu cara yang baik itu adalah dengan selalu fokus pada solusi.

Fokus dalam solusi itu artinya kamu tidak menyerah dan berhenti dalah sebuah masalah. Teruslah bergerak, berfikir dan fokus dalam mencari solusi untuk memecahkan setiap masalah, dengan demikian waktu yang kamu habiskan untuk memecahkan masalah akan lebih singkat dan kamu bisa produktif.Masalah adalah penghambat produktifitas. Maka dari itu, jangan pernah menyerah dengan masalah, namun sibuklah memikirkan solusinya.

2. Bangun Rutinitas Yang Sehat
5 Langkah Membentuk Pola Pikir Atau Mindset Yang Produktif
5 Langkah Membentuk Pola Pikir Atau Mindset Yang Produktif

Membangun rutinitas yang sehat bisa membuat hidup kamu lebih produktif. Rutinitas memang terkadang membosankan namun, melakukan rutinitas bukan berarti kamu terjebak dalam rutinitas yang membosankan. kamu bisa membangun rutinitas yang sehat sehingga waktu yang kamu habiskan untuk malakukan rutinitas tersebut justru dapat mendorong produktifitas kamu.

3. Bayangkan Sesuatu Yang Besar
5 Langkah Membentuk Pola Pikir Atau Mindset Yang Produktif
membayangkan sesuatu yang besar

Setiap orang yang produktif dalam hidupnya tidak pernah lupa untuk melihat "bayangan besar" dalam otak mereka. Lebih umum kamu mengenal visi dalam hidup. Orang yang mampu membayangkan atau memvisualisasikan apa yang ingin mereka capai tentu akan lebih bersemangat dalam hidupnya untuk meraih impiannya.

Jadi, ketika kamu akan pergi ke suatu tempat contoh Bali, kamu akan terbayang pulau-pulau dan gambaran pantai yang cukup Indah. Kamu tentu tidak akan fokus pada sepatu apa yang akan kamu pakai, atau apa yang kamu makan di ruang tunggu bandara, bukan? Hal itu akan otomatis kamu pikirkan seiring kamu membayangkan tujuan kamu. Seperti itulah visi. Visi yang jelas akan membawa kamu sampai ke tujuan hidup dan memberi perubahan positif pada produktivitas.

4. Tak Sempurna Adalah Anugrah
5 Langkah Membentuk Pola Pikir Atau Mindset Yang Produktif
Belum sempurna

Ketika melakukan suatu pekerjaan, kamu ditntut untuk melakukannya secara sempurna. Padahal, manusia tak ada yang sempurna. Kamu hanya bisa mengusahakan mendekati kesempurnaan. Jadi tak mengapa jika kamu belum mencapai kesempurnaan dalam karya kamu. Hal itu adalah anugerah yang diberikan Tuhan supaya kamu mau belajar melakukan yang lebih baik lagi. Setiap kamu berkarya berlatih untuk mendekati sempurna. Kalau menunggu sempurna, kamu takkan pernah berkarya.

5. Menghargai Waktu
5 Langkah Membentuk Pola Pikir Atau Mindset Yang Produktif
waktu adalah uang

Orang yang bermindset produktif tentu sangat memperhatikan waktu. Ya, memanfaatkan waktu sebaik mungkin adalah ciri orang yang produktif dalam hidupnya. Dia tidak akan pernah mengulur-ulur waktu dan berusaha untuk memanfaatkan waktu yang dia miliki supaya banyak karya yang terlahir dari dirinya. jadi, hargailah waktu supaya dapat menjadi orang yang produktif.

Demikianlah 5 langkah membentuk pola pikir atau mindset yang produktif semoga dapat bermanfaat dan hargai wantu kamu agar kamu bisa menjadi seseorang yang produktif.
Labels:

Post a Comment

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.