'Sesuatu yang penting terkadang dianggap tak penting dan sesuatu tak dianggap penting terkadang tiba-tiba jadi hal penting' (Syahrintul Imoet).
Haiiii pembaca www.syahrintulworld.com , sutra simak untaian kata diatas? Hemm penisirin kan?
Yup beciul, memang beciul lho kalimat diatas, contoh yes : KTP, ijazah, akte nikah, akte tanah itsyu kan sesuatu yang penting tapi pas ga dibutuhin cencu ga kita fikir yes? KTP di dompet ampe bulukan, ijazah dll dibawah tumpukan baju di Oke ladies, seperti juga SKCK? Apa tuh? Surat Keterangan Catatan Kepolisian! Penting? Kembali ke untaian kalimat diatas 'penting' dan 'tak penting', kalo lagi (mau) dibutuhkan penting donk akh! SKCK ini doeloenya SKKB alias Surat Keterangan Kelakuan Baik yang dikeluarkan dr Polsek nek. Buat apa sih SKCK? Apa masih penting lamar kerja diperusahaan atau Cpns pake SKCK?
Masih penting, tergantung perusahaannya kalo mengharuskan syarat dengan lampiran SKCK yes mau ga mau yey bakal 'obrak abrik' dokumen lain seperti akte kelahiran, Ktp, Kartu Keluarga dan bakal 'sowan' ke Polsek untuk bikin SKCK (kalo sistem onlen ada tapi ribet foto ada yg pose dari depan, samping kanan/kiri *katanyeeee*)
Ssst kalalo gawe ke LN biasanya syarat kelengkapan dokumen ada SKCK lho, ga liat yey gawe jadi ART, buruh pabrik bahkan kerja kantoran.

     Step selanjutnya eke kasih sekedar gambaran proses urutan buat SKCK (ini perngalaman beneran eke, smua tergantung Polsek masing-masing yeee tapi eke rasa mirip-mirip yes). Jika banyak bloger nulis cara buat SKCK 'minta surat pengantar RT dan RW', menurut eke kagak usah..langsung lewati proses itsyu secawra kan kita punya KK (Kartu Keluarga) yang sudah menjelaskan secara gamblang kita jadi warga suatu kelurahan.
Kalo ada bloger nulis : 'minta surat pengantar dari Kelurahan untuk pembuatan SKCK di Polsek', ini juga kagak usyah bow!
Eke bawa surat dari Kelurahan aja ama petugas di Polsek : "mbak, sekarang tidak pakai surat dari Kelurahan gak apa". Nah lho, udah buang waktu dan duit deh ke kelurahan sgala!
Nah jadi apa aja dokumen yang diperlukan?
1. Foto kopi KTP atau SIM
2. Foto kopi Kartu Keluarga (KK)
3. Foto 3 lembar 4x6 (latar merah jangan pink yes nek)
4. Foto kopi akte kelahiran                                                      

" yang pojok pake baju polkadot apakah syahrintul? "
         Cuma 4 itsyu aja COCK, simple kan? Dan simplenya lagi soal Akte Kelahiran ga mutlak! Bisa aja para perantauan akte nya di kampung kan? Cencu rempong yes kudu nyuruh sodara kirim foto kopi atau scan, kirim imel dll...
Akte Kelahiran bisa diganti foto kopi Ijazah terakhir!
Eke sebenernya heran udah ada foto kopi KTP (atau sim) dan KK kenafa kudu pake Akte Kelahiran segala yes? Perasaan pembuatan eKTP atau KK kan detail juga?
Kebanyakan syarat dokumen deh bowk!

     Setelah di Polsek, yey cari ruangan pembuatan SKCK nanti serahkan aza dokumen yang sutra yey jepit, kemudian yey dikasih formulir lalu isi deh (eke pusing kalo ada kolom suruh isi : sekolah SD, SMP, SMA beserta tahun kelulusannya, lupaaaaa coiii!).
Kelar isi formulir, kasih petugas lalu di verifikasi kali ada yang kelewat tak diisi. Abis itu baru deh cap 5 jari kanan dan 5 jari lentik kiri cuiiii!
Kelar? Belom! Yey kudu bayar Rp 30.000 !!! Apa ga kemahalan yes?hkhkhkkh lolz soale gitu doank!
Abis bayar disuruh tunggu proses sampai jadi SKCK nya!
Yang nyebelin, pas eke bikin disuruh : "besok diambil jam 10 sampai jam 12", helllllaaawwwww bisa gitu yes? Ga praktis banget kudu balik lagi esoknya?
Urusan bikin ginian memang rempong yes!   
                                                                       
"  apakah dengan kacamata ini terlihat cucok? "
     Sekali lagi, hal ga penting bisa jadi penting yes selama LAGI/AKAN DIBUTUHKAN ! Maybe jeng-jeng sekarang belom/tidak butuh SKCK atau sejenisnya tapi kelak kamuuuuu nanti pasti kan menyadarinyaaa...*cinta mati 3*
Yang pasti pengalaman bloger dengan bloger lain beza yes dalam proses pembuatan SKCK dan mungkin Polsek nya ada yang 'lunak' (misal : foto kopi Akte bisa diganti ijazah terakhir foto kopi) atau biaya pembuatan SKCK yang berbeza-beza atau syarat lainnya.
Tapi proses yang eke tulis ini smoga bermanfaat dan bikin 'praktis' pembaca karena eke memang ikuti 'proses' seperti diatas.


Salam Rempong

- Syahrintul69 -
        



Labels:

Post a Comment

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.