" boleh dong kita sambut Syahrintul "
Haiiiiii pembaca syahrintulworld.com ... Udah pada punya sim C belon? Udah? Banyak yang nembak yes? Hemmm gpp sih, mungkin kalo ga nembak 'agak' ribet buang waktu yes? Sebenernya proses bikin sim C memang cukup menyita waktu tapi asal dinikmati, waktu tak terasa lho, dibikin enjoy aza dech melalui prosesnya. Sabtu 11 Februari 2017 adalah hari dimana eke 'sowan' ke polres Serpong daerah Cisalengka untuk bikin Sim C (motor).
Sebelom eke ngejelasin prosesnya, ada baiknya eke kasih dikit 'bekal' biar pas di polres nya comfort :
           
 "Syahrintul mau buat SIM awas jaga jendolan kalian.".
1. Bawalah pulpen sendiri! Yakinlah, pulpen kala yey akan bikin Sim akan jadi benda super penting dan berharga seperti emas, karena kalo yey ga bawa pulpen, ribet kudu minjem sana-sini, kalo ga hoki bisa antri, artinya yey udah 'terlewati' beberapa orang antriannya hanya karena TIDAK bawa pulpen!

2. Makanlah yang banyak agar kenyang atau minimal bawa bekal (roti or cemilan dan minuman) karena saat yey antri kan laper, nah pas mau makan(ke warung) cencu yey was-was jangan2 nama yey dah dipanggil, kalo yey ga ada yes dilewati yang lain bowk!
               
" bekal buat antrian SIM..cukup engga ya nek? "
3. Jangan terlalu banyak minum! Kalo kebelet pipis riweuh serba salah lho, mau ke toilet antri, ga ke toilet kebelet banget, tar salah-salah ke toilet (lagi-lagi) nama kita dipanggil, lagi-lagi kita kelewat antrian yang lain kan?

4. Datanglah pagi sekali, bila perlu subuh atau semalam yey bikin tenda sekalian depan Polres hkhkhkhk lolz biar dapet antrian dini bowk!

5. Yang super eksis ato hidup bergantung dari hp/gadget, ada baiknya bawa power bank ato bawa stok 5 HP untuk jaga-jaga lowbat!

Kayaknya bekal awal cukup 5 itu dulu (plus sedia foto kopi KTP 5 lembar karena itu dibutuhkan yes).      
 " biar dapat antrian no1 eke bawa tenda bo.."
Next, eke bahas proses nya yes:

1. Datang ke tempat dimana disediain formulir untuk isi biodata, setelah dapet yey juga dikasih nomor urut. Abis ini kalo yey ga bawa pulpen, jamin rempong lho, yey bakal minjem-minjem orang, tapi saat rame gitsyu cencu pulpen jadi barang 'berharga' yang di 'orgy' orang lain kan? Isi formulir : nama, alamat KTP, kota/tanggal lahir, usia!
Pas eke ngisi kolom 'usia' bingung, berapa yes usia eke sekarang? Eke itung dengan coretan kecil di tembok : '2017 - 19.. = ..' Taraaa! Ketemu usia eke, dan eke shock!! Cock usia eke sudah 'segini'? Perasaan umur 17 taon baru kemaren?

2. Tunggu panggilan sesuai no urut. Bersabarlah, isi kesibukan dengan ngobrol ama stranger, kan seru dapet 'temen' baru, eke gitu, kenalan ama cowok putih namanya 'defrian' lumajang lahh cuco, dese lho yang ajak ngobrol duluan, sumpah!
Setelah nomor yey disebut, ucluk-ucluk yey masuk, kasih formulirnya!
                  
" artikel syahrintulworld oke semua "
3. Setelah nomor 2, yey akan tes angka.. Ada beberapa angka yang dibingkai dari bulatan2 kecil, berwarna trus kita disuruh nebak bowk. Abis itu, si mbak penjaga meja 'tebak angka' melengkapi report hasil tes itu dan ngasih balik formulir ke kita..yukk ke nomor 4!

4. Pindah meja (atau ruangan? Tergantung Polres anda-anda semua ya,kalo eke cuma pindah meja ke mbak yang akan tes hurup dari jarak yang udah ditentukan). Di nomor 4 kita disuruh nyebutin hurup2 dari jarak sekitar 2 meter atau lebih, tes mata keleus yes! Abis itsyu yey bayar Rp 30.000 ! (Asuransi kecelakaan, kalo ga salah)

5. Pindah ke meja selanjutnya, baru deh kita akan dilengkapi 'dokumen' lain plus kita kasih KTP 5 lembar lalu bayar Rp 100.000 aja!
beres? Belom cyin! Kita ke nomor 6 yuk

6. Disini kita isi formulir yang lengkapi dari nomor 5 lalu jebreeet taruh meja, nanti lagi-lagi nunggu antrian (dipanggil nama kita ama pak polisi) untuk masuk ke ruang tunggu foto jeprat jepreeeet

7. Duduk manis diruang tunggu foto,kembali kesabaran kita diuji (semoga derajat kita diangkat hkkhkhkhk lolz), setelah antri lama, dipanggil nama kita (formulir2 akan dikasih ke kita) dan beberapa orang sekaligus.

8. Setelah dipanggil beserta beberapa orang kita masuk ke ruang dimana ada pak polisi siap memfoto kita, lagi2 sabar yaaa.. Antri bowk! Disitu ada 3 polisi bagian memfoto! Setelah dipanggil (aduh nama eke populer berkali-kali dipanggil pak polisi) baru pose foto untuk sim bowk! Sebelom foto kita serahkan formulir ke pak polisi, di cek ulang, baru di foto.
           
" Aku doain Syahrintul lulus ujian praktek SIM "
9. Kelar proses 'melelahkan' dari 1 - 8, pindah ke ruangan 'ujian teori'. Kasihkan formulir data diri kita yang menebal karena sudah berpindah-pindah tangan. Sabar..sabar, kita akan lagi-lagi kudu menunggu di ruang depan untuk menunggu orang yang lagi 'ujian teori'. Setelah dipanggil (beberapa orang) masuk deh, kita ujian teori pake kompoter cock, pertanyaan sih seputar etika berlalu lintas misal cara mendahului, cara ngerem dll

10. Kelar ujian teori, kita dipersilahkan nunggu diluar, berdebar menanti hasilnya! Eke belom kelar 2 soal dari total keseluruhan 30 tapi waktu abis wkakkkaka eke ga merhatiin timer di layar kompi! Syarat lulus kudu bener 21 dari 30 soal! Setelah berdebar menanti sekitar 30 menitan, nama eke dipanggil pak polisi ganteng, lulus!!!
Catetan : so far polisi2 yang di polres serpong Cisalengka sih ramah-ramah, makasih pak polisi!

11. Saatnya menuju klimaks!!! Serahkan formulir dan tanda lulus ujian teori ke meja pak polisi yang ada di lapangan, artinya eke siap menuju level... UJIAN PRAKTEK !! Pake motor bergigi bowk!
Berdebar! Sungguh ga enak yes melalui proses bikin SIM, bukan soal antri yang lama tapi lebih deg-degan nya ga enak bangett, serasa finalis miss kecantikan nunggu 'keputusan'!
Nama eke dipanggil (makin ngetop deh) lalu dengan cantiknya eke mengendarai motor, step awal motor melalui lingkaran ngebentuk angka '8', bisa! Pas ke jalur tikungan-tikungan dengan jarak yang dekaaaaat banget antara tikungan satu dan selanjutnya, eke gagaaaaal!!!
Eke nabrak pembatas!
Sebel deh!! Susah banget kale ah, mana jalur berkelok trus menyempit getoh, jarang keleus yang berhasil!

Kelarlah sudah 'perjuangan' eke.. Lalu eke dikasih keterangan 'tidak lulus' dan bisa ikut ujian praktek seminggu kemudian (tanggal 18 Februari jam08 - 11).

Begitsyulaaaah prosesnya! Sekali lagi, dinikmati aja! Ujian terberat yes ujian praktek!
Cukup mursida yes bikin Sim C cuma Rp 130.000 tapi tetep susah sukses pas masuk ke ujian praktek!

P.S : saat eke makan siomay di warung, abang siomay  nanya : "ujian mbak? Lulus? Kenapa ga nembak aja? 400 ribu"
Eke kaget : "masa bisa? Tapi eke dah terlanjur nih (sesuai prosedur)"
Si abang (senyum) : "saya bisa"

Akhir kata : maafkan saya abang siomay jika 'profesi' anda termuat disini, tapi gpp, udah jadi rahasia umum bukan?
*semua foto sumber dari google*

Salam Cantik

- Syahrintul -
Labels:

Post a Comment

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.