Tarian menjadi salah satu seni yang menjadi budaya turun-temurun, tak lepas dari peran pemangku adat dalam melestarikan budaya tari terkait pakem dari tarian itsyu. Terkadang tarian ada unsur mistis nya lho galz, para lelembut bisa merasuk ke penari, istilahnya 'trance' gitsyu dech nek. Tarian apa aja yes yang kira-kira mengandung unsur mistis? Siapkah jeng-jeng menarinya? Cekibroooottt bowk!

Tari RONGGENG
Tak bisa dipungkiri, tarian ini mengandung unsur mistis, biasanya sebelum pertunjukan akan ada ritual sesajen seperti : pisang emas, kue kering 7 macam 7 warna, cermin, sisir dan juga rokok, konon meminta 'diberkati' leluhur agar selama pertunjukan tari berjalan lancar. Penari Ronggeng konon juga banyak yang memakai susuk agar 'memikat' dan saat menari tak jarang disusupi roh halus ke dalam jiwanya sampai suka 'jahil' ke penonton. Selain pake selendang sebagai pelengkap show, selendang itu juga untuk dikalungkan ke leher 'mangsa' (lekong cencu) agar ikut menari dan .... Ahhhhh...
Dan diiringi tembang 'Bambung Hideung' sebagai pemanggil mahluk halus agar penonton makin tertarik. Seperti apa yes tembang 'Bambung Hideung'??
           

Tari Bedhaya KETAWANG
Tarian ini sangat popiuler di keraton Surakarta secawra menurut pitutur sesepuh, diantara 9 penari pewong nya, yang ke 10 adalah kanjeng Nyi Roro Kidul. Para penari diwajibkan puasa selama 3 hari sebelum melakukan tarian dan kudu nih yes, bebas dari Haid, demi kesucian dari prosesi tarian indang. Jadi penasaran seperti apa yes tariannya? Huafakah adinda di yutub? Hemmm .. Cekidot!
                      

BHOOTA Kola atau Daiva NEMA
Ritual dari India ini biasanya banyak dilakukan di pesisir Karnataka. Prosesi ini biasanya menggambarkan tentang 'Boothas' atau ruh, dengan penari yang dikenal dengan nama Vaidya. Ada juga prosesi menyalakan petasan untuk menenangkan roh dewa ular.
Seperti tarian-tarian mengandung aroma mistis lainnya, penari disini juga sampai ke tahap trance!
                  

Tari SINTREN
Tarian indang sutra kondang onang-onang sepanjang pesisir jowo ya nek. Sang penarinya dinamakan Sintren (jadi merk roCOCK juga bo!),saat menari para sintren kerasukan roh Dewi Lanjarsari penguasa pantai utara (rival Nyi Roro Kidul?). Biasanya sintren ini sifatnya trah alias turun temurun. Yey keturunan sintren jaman baheula kah?
                         

Tari SEBLANG
Populer di Banyuwangi Jawa Timur, kota yang konon banyaknya santet eksis. Konon .. Non .. Non .. (Bergema) banyak orang disandra liat hujan meteor alias serangan hujan bola api santet lho katemi! Tari Seblang disana berangkat dari budaya suku Osing, tarian bermuatan elemen magis ini juga bikin penarinya kesurupan nek!
              

Tari Salai JIN
Berasal dari Maluku Utara tepatnya yes di pulau Ternate, penarinya kudu berjumlah genap secawra kalo ganjil? Hemmm konon bala dan musibah bakal nemplol! Tarian indang bertujuan untuk berkomunikasi dengan jin agar masalah terselesaikan nek.
Saat melakukan tarian, mereka menari diantara bakaran menyan. Heeem kebayang ga sich syereeem nya ??
                      

Tari Calon ARANG
Tarian from Bali ! Rangda itsyu penari sentral di tari Calon Arang, biasanya Rangda akan lakukan prosesi ditusuk-tusuk, seperti debus kale yee..walau sudah latihan terkadang Rangda bisa sampai terluka.
               

Tari KECAK
Tari indang punya alur kisah Ramayana dimandra para penari yang "cak cak cak" menggambarkan kera yang membantu Rama melawan Rahwana yang menculik Dewi Shinta. Tarian yang jadi pembetot wisatawan indang kerap dilakukan pada malam hari untuk menambah kesan mistis, uniknya dilakukan banyak lekong bisa sampai 50 orang bowk! Uniknya lagi, tarian kecak tidak diiringi musik karena suara penari yang "cak cak cak" sudah sangat berirama.
           

Cencunya masih banyak tarian-tarian bernafaskan mistis baik dari Indonesia maupun luar negeri yang sudah sangat klasik. Yang pasti, kebudayaan patut untuk dilestarikan, diambil yang baiknya saja oke girls??
*sumber foto google*

Salam Mistis

- Syahrintul -
Labels:

Post a Comment

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.