Adegan saur sepuh
Malam minggu eke ga going to disko yes, semalam ga sengaja lirik tivi lokal ada film suzanna 'Pusaka Penyebar Maut' karya Sisworo Gautama Putra! Doeloe di klaim menghabiskan budget 1 M, artinya film lokal pertama yang nembus budget 1 M!
Dibuat jelas karena mengekor kesuksesan film-film kolosal sejenis seperti 'Saur Sepuh', maka dipasang pula mas Fendy Pradana sang Brahma Kumbara sebagai Arya Kamandaka anak dari Nyi Polok (Diajeng Suzanna frederica van Osch) dan si Lasmini jeng Murti Sari Dewi sebagai Selasih.
                       
     Sebenarnya Indonesia sangat 'tajir' tema-tema menarik bernuansa sejarah yang bisa digali, diolah dan digarap jadi sebuah film, seperti Pusaka Penyebar Maut ini yang berlatar perebutan pusaka keris Ken Arok yang menelan korban 7 turunan Ken Arok (Willy Dozan) karena kutukan empu Gandring. Filmnya seru, opening credit tittle menarik dengan visuaisasi situs-situs peninggalan Singasari seperti candi sampai pemandian Ken Dedes.

     Performa Suzanna yang tidak dominan sepanjang film tetap membetot atensi penonton. Sebagai wanita ahli silat pemilik keris empu Gandring, Suzanna tampil gemilang, beza dari karakter yang banyak diperankan kala itsyu.
Sayangnya Pusaka Penyebar Maut 'dangkal' menggali kisah Singasari dan Ken Arok, sejarah yang ada sekedar tempelan penghantar kisah hiruk pikuknya perebutan keris ini.
Ini jadi PR buat sineas-sineas kita nih agar menggali tema berlatar sejarah untuk dibuat film pasti sangat menarik karena belakangan ini walau genre dan tema sudah variatif tapi eke lihat sich untuk genre silat masih kurang!
       
           
Nilai : 7 !

**********

     Menonton 'Hidden Figures' bikin hati rame penuh gejolak, komplit deh! Drama cenderung (buat yang anti drama) bakal 'menyiksa' lahir dan batin pas nonton tapi 'Hidden Figures' siap memporak porandakan persepsi itsyu deh nek kerana kita akan disuguhi kisah sangat inspiratif 3 pewong negro yang bekerja di NASA yaitu : Katherine Goble Johnson (Taraji P Henson) si jenius dalam matematika, Dorothy Vaughan (Octavia Spencer) dan Mary Jackson (Janelle Monae).
          

     Eke ga mau ah crita plot nya karena cencu sinopsis bisa yey temui di situs donlot atau website soal film, percuma kan hkhkhkhkhk lolz, jadi kisahnya cari aja sendiri, wew! Beberapa selipan humor menggelitik yang terasa getir disajikan salah 1 nya adegan mbak Kat Goble kudu berlari-lari keluar kantor ke toilet dilain gedung dengan tulisan mencolok (bikin ngakak bacanya tapi bikin ngelus dada) : 'TOILET KHUSUS WANITA NEGRO' !!!
Yoi cyin, ini pelem memang berpusat pada taon 1961 dimana issue rasisme antara kulit putih dan item sangat kentara jurangnya. Ini hal sangat menarik disimak, sangat asik dicermati dan sangat mengharukan dimasukin ati!
Sangat revolusioner banget deh 3 'jagoan' negro cewek kita ini.

     Bayangin yes di amrik sono, kala itsyu ga cuma toilet di kantor aja yang ada 'khusus' kulit item, sampai sekolah dan perpustakaan aja ada khusus negro nya bowk! Nyebelin banget deh (sibak rambut ala Anggun C Sasmi).
Trus ada gambaran sensi-sensian antara Amrik vs Rusia seperti adegan dimana roket Rusia lebih dulu mengudara dan sukses, para amrik manyun gitu deh...
Yang sangat membuat durasi 2 jam tak terbuang sia sia adalah : akting pemainnya keren-keren (udah jelas trio cewek kulit item Taraji, Janelle dan Octavia) juga Kevin Costner tampil sangat charming kharismatik plus Kirsten Dunts yang agak 'diskriminatif'!

Pesan moral jelas banget : jangan pernah putus asal sekalipun kita kerap mengalami diskriminasi, tegakkan badan, tunjukkan wajah dan kepintaranmu untuk 'membalas'.

Ga pake ba bi bu, eke kasih nilai '8' !

***********

     Entah apa yang ada di fikiran eke sampai nekat download gretong dan nonton 'Claire in Motion' karena dari rating cuma 4 koma sekian tapi pas baca selintas sinopsis : Claire seorang profesor dan ibu rumah tangga beranak 1 dunianya hancur saat suaminya hilang meninggalkan teka teki.
Dari situ kebayang dibenak eke : "wah pasti si Claire bakal nyari suaminya sampe nemui fakta-fakta dari misteri sang suami" de el el, yang berbau-bau thriller ala 'Gone Girl' deh.
Ternyata? Cuma cuilan-cuilan kecil misteri yang disuguhkan, ga ada tuh hentakan adegan ataupun kisah yang bikin kita ngos-ngosan saking shock atau gimana.

     Udah? Gitu aza kesan dari eke? Eiiit tunggu ladies! Cencu dong yey bertanya-tanya kenapa syahrintul bisa 'betah' ngikuti kehidupan Claire sampai film tuntas, pasti ada apa-apanya yes? Lekong hot telanjang? No!
Adegan sex nan vulgar? No juga bo!
Lalu apa sih cyin??
Akting! Yes! Eke sangat njelimet memperhatikan akting aktris (kagak terkenal) Betsy Brandt !! Serius ini aktris akting sebagai Claire nya bagus : nampak smart dan kuat, tapi di sisi lain nampak rapuh dan menyimpan misteri! Inilah point plus yang dimiliki drama (dengan embel-embel 'thriller') 'Claire in Motion', ngasih hal lebih disaat sektor-sektor lain dari keseluruhan film ini nampak terseok-seok dan sangat lelet ngalir nya!
           

Kalo imdb ngasih nilai 4 koma, eke kasih '6'!

***************


     'Closet Monster', ini tentang kegalauan seorang abege brondong, orientasi seksual dipersimpangan jalan dan trauma masalah homoseksualitas! Kenafa yes eke always (tanpa sengaja) nonton film tema begindang padahal eke tinta baca sinopsis nya hkhkhkhk lolz. Serangkaian kejahatan dan kekerasan terhadap kaum gay di di st. John meledak, sekong disiksa disodomi dengan besi, bikin trauma si connor cilik yang membawa dampak psikis hingga remaja (Aaron Abrams).

     Dengan rating imbd 7 koma, drama ini memang menarik untuk disimak. Ada penyimpangan imajinasi Connor yang berdialog dengan hamster peliharaannya si Buffy (suara aktris Isabelle Roseline). Melihat kehidupan masa kecil Connor patut dicermati bahwa dampak percerean ortu kerap bikin trauma mendalam yang bikin si anak terganggu tumbuh kembangnya bisa jadi penghayal, introvert dan seperti susah berinteraksi sosial secara luas.
                  

     'Closet Monster' bertutur dengan sederhana tapi cukup memberi suatu romantika yang kompleks deh nek dari sisi psikologis sampai orientasi seksual yang 'beda'! Penyebab umum faktor jadi sekong sescawra umum karena genetika bowk sejak dalam kandungan, di dunia medis kan disebutkan adanya hormon yang tidak balance, misal kelebihan kromosom jadi tak seimbang. Ada lagi faktor luka batin karena gagal menjalin hubungan dengan lawan jenis (agak maksa yes faktor ini), trus saat kecil pernah alami sex abuse yang bikin trauma bowk mempengaruhi orientasi sexuilnya!*sumber foto google*

Untuk film ini eke kasih : 7 ! Pas!

Salam Download

- Syahrintul69 -
Labels:

Post a Comment

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.