Tidak sedikit persoalan 'dapur' rumah tangga kita (ceeeilleee 'kita'? Eike kan masih prawan cyin) berkutat konflik antara ibu mertua vs menantu pewong! What wrong with mereka yes? Jarang banget namanya bapak mertua konflik dengan mantu lekong ato bapak mertua musuhan dengan mantu pewong. Apakah karena wanita identik dengan 'perang dingin' seperti hal ibu mertua dan mantu pewong?
Kadang si ibu mertua juga merasa menantu pewong adalah 'pencuri' anaknya, mereka ada keparnoan kalau-kalau setelah menikah, sayang cinta dan perhatian si anak akan berkurang.
                            
sumber foto google

     "Gimanapun ibu mertua adalah ortu kita yes nek, kita kudu menghormati, ibu mertua itsyu yang melahirkan suami kita, kalo ga ada ibu mertua mana ada suami kita yang memberi kita kehangatan seksuil goyang ranjang nutrisi jiwa yes eim" Kata jeng Nur-lelah saat lagi lunch bareng temennya.

     "Setubuh say, walo sebagai manusia, eke kadang kesal ama ibu mertua dech, kalo ngemeng pelan tapi.. Daleeeem. Pernah yes eke tuh mijitin bapak mertua malem-malem, eh ibu mertua nongol sambil ngemeng 'ga puas juga dapet buntut sekarang ngembat kepala?'. Bingung eke, trus setelah 7 hari tujuh malam eke cari kunci jawaban dari ngubek-ngubek primbon, google sampai tong sampah, ternyata artinya udah dapet anaknya sekarang mau nyosor bapaknya. Aduh untung eke tulalit jadi ga eke labrak saat itu juga deh ladies" Kisah teteh Greenpiss mengingat 'kepiluan' disindir ibu mertua.

     "Ga bole say labrak ibu mertua, dosa akh" Kata jeng Marirah yang tampil memakai kerudung model payung lengkap dengan tangkai melengkung untuk pegangan.

     "Abis kesel deh.." Desis teteh Greenpiss yang kalau mendesis mirip Anaconda mixes Biawak.

     "Sebenernya meluluhkan hati ibu mertua gampang-gampang susyeh lho ladies! Kasih tau ga yes??" Mata jeng Nur-lelah berputar genit sampai bola mata sebelah kirinya tidak balik ke posisi sediakala.

     "Apose nek resep yey ama ibu mertua akur?" Antusias teteh Greenpiss sembari membetulkan letak celdam nya yang nyelip tanpa kompromi bikin 'cetakan' merah darah.

     "Yey kudu ngertiin apa yang doi mau nek, simple aja. Misal yey iseng tanya apa sih makanan kesukaannya? Nah, yey diem-diem masakin tuh makanan. Inget say, hati bisa luluh karena dari lidah dan masakan. Dulu gadun eke ga cinta eke tapi karena eke rajin kirim makanan lewat ojek onlen hasil racikan eke, eh klepek-klepek tuh gadun"

     Marirah tersenyum manja, "trus apa lagi say?"

     Jeng Nur-lelah melanjutkan orasi nya "Berusaha menawarkan bantuan ke ibu mertua! Simple aja seperti pas liat doi lagi duduk-duduk melamun cantik, coba tegur 'ibu sudah jam 1 malem belum tidur? Mikirin brondong? Udah ga masanya mikir brondong, tidur yuk Bu, saya anter ke kamar'. Nah, dari perhatian sepele gitu niscaya ibu mertua yey jadi terenyuh"

     Teteh Greenpiss terbahak, "hkhkhkhk lolz, eim yess! Eke jadi teringat ama ibu mertua eke masak pas eke kepoin sosmed nya banyak ngefollow lekong brondong cuco bowk! Amit-amit jabang bagong, kagak ada di hadist cyiiiin"

     "Masa sich teteh? Mertua yey gaul juga yes kayak mantu cantik ratu sosmed?" Sindir Marirah sambil lirik teteh Greenpiss yang manyun manja sambil ngetwit "helllaaw everybody, now eke lagi lunch, makan oncom rasa western", lalu di tag ke Obama dan Donald Trump.

     "Eh selfie yiuk ach! Eke mau posting ke IG biar anak-anak Forsel sirsak" Ajak teteh Greenpiss lalu 3 wanita ratu kongkow ini pasang 'kuda kuda' andalannya : teteh Greenpiss pasang duck face, jeng Nur-lelah pose dengan tangan 'salam metal', Marirah dengan expresi ngeden.

     "Eh trus kiat apalagi jeng Nur-lelah?" Tanya Marirah.

     "Temani ibu mertua yey nek kayak eke pernah nemenin doi belanja ke sex shop, buseeeet kalap banget masuk ke toko gituan bowk! Pernah juga eke nganterin doi mau renang di kolam renang umum, dengan begitu akan tercipta obrolan ringan yang kian mempererat menjalin persatuan dan kesatuan, TVRI gitu deh bowk! Trus pahami apa yang doi maui, selama bisa dan masuk akal, coba deh turuti"

     "Eh eh eh... Itsyu ibu mertua yey dahsyat amir say? Prasaan dah enam puluh koma sekian taon masih yahud juga ke sex shop hkhkhkhhk lolz" Seloroh teteh Greenpiss diikuti derai tawa Marirah yang kalau tertawa memamerkan deretan taringnya.

     "Eh serius lho say, mertua eke juga gitu, masa sih minta dibeliin boneka sex" Kata Marirah.

    "What?? Are you sure cyinn? Itsyu bapak mertua yey kan?" Terbelalak teteh Greenpiss, sepasang mata indahnya memancarkan sinar UV.

    "Ho-oh. Eh jeng Nur-lelah, trus apalagi dong tips nya?" Tanya Marirah ga sabar soalnya ini pewong tiap hari kerjanya didamprat ibu mertua, apa aja jadi biang masalah.

     "Ya gitu-gitu aja sih ladies, standard aja kayak kita dulu coba rebut hati suami cuma cencu kemauan ibu mertua ama suami beza dong yes. Pokoke always hormat deh, sedongkol-dongkolnya berusaha memanage emosi, jangan terpancing. Dengan sikap hormat kita ini juga bikin suami makin respek dan sayang ke kita lho ladies, karena rata-rata lekong mencintai pertama kali yes ke ibu mereka say. Kita juga tunjukkan rasa hormat ke suami didepan ibu mertua, dengan doi liat akan berfikir 'duh mantuku sayang perhatian ama anakku yang ganteng'. Gimana say? Jangan anggap ibu mertua itu musuh atau rival kita walau kadang mereka anggap kita rival terberat yang klepto kasih sayang dan perhatian dari anak lekongnya, oke?"

     Marirah dan teteh Greenpiss manggut-manggut sampe kepalanya pada mau copot saking takjub dengan wejangan jeng Nur-lelah yang sudah menjanda sebanyak 5 kali. Dalam hati teteh Greenpiss dan Marirah : "Lidah tidak bertulang, teori memang mudah yes dibanding pas kenyataan dibuat dongkol mlulu".

     Dari kejauhan nampak jeng Put dan jeng Anha turun dari truk, lalu berjalan menggandeng mertua masing-masing sambil celingukan cari TKP dimana jeng Nur-lelah, teteh Greenpiss dan Marirah sedang asyik bergosip.

     "Hemm menantu idaman tuh, akur ama mertua yes" Bisik teteh Greenpiss sambil melambai kasih kode ke arah jeng Put dan jeng Anha agar bergabung.

Yeah begitulah kehidupan antara ibu mertua dan menantu wanita, semoga bermanfaat yes. Ingat, butuh kesabaran untuk merubah sikap dan perilaku sesesorang, tidak semudah kita mencopoti sempak suami, oke?


Salam Sakinah

- Syahrintul -
Labels:

Post a Comment

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.