Marirah tercenung didepan cermin ajaib menatap wajahnya yang ditumbuhi bintik-bintik merah dan kulit bagian epidermisnya mengelupas, kayak sisik ular lagi 'nlungsumi'. Ada sebongkah sesal menggandul-gandul didalam hatinya karena tergoda harga miring kosmetik pemutih wajah malah berakibat seperti ini. Nasi sudah jadi bubur, semua tetap harus ditelan. Akibat kosmetik mengandung merkuri inilah yang bikin wajah ayu Marirah jadi begini.
                            

     "Tabah ya say, ini adalah pelajaran buat yey, lain kali jangan tergoda dengan harga" Kata Sumi kakaknya sambil membelai rambut Marirah yang bisa berubah bentuk tiap 30 menit.

     "Iya mbak, tapi eke malu mana pernikahan eke sebulan lagi, hiks."

     "Cup ... Cup ... Ajinomoto nek, nanti mbak cariin dokter spesialis kulit buat yey. Sepertinya krim pemutih yey banyak kandungan merkuri nya. Inget say, merkuri itu bahan yang cocoknya untuk membuat bahan bangunan"

     Marirah tersentak.

     "Jangan khawatir, muka yey ga bakal jadi batako, seng, besi kok. Makanya ati-ati nek, biasanya make up mengandung merkuri itsyu bertekstur lengket pas yey ngolesinnya, ngerasa ga?"

     "Ho-oh mbak" Kata Marirah sambil membelai pipi cempluknya yang ancur.

     "Minyak ama bahan kosmetik itsyu terpisah nek. Pas yey ga pake pasti keliatan ada endapan kosmetik dan minyak bow! Truuussss bau merkuri nya akan tercium, walo banyak kosmetik merkuri dicampur pewangi akan tetep tercium nek, warnanya juga keliatan pekat seperti oranye bowk!" Kata Sumi sambil lirik jeng Marirah yang tertunduk.

     "Mbak Sum.. " Suara Marirah lirih.

     "Ada apa Mar?"

     "Kulit eke terasa panas nih"

     "Iyes, krim ada merkurinya memang cenderung menghasilkan panas di kulit dan pas kena sinar matahari nan ceria akan capcus luntur bowk! Kemaren pas mbak liat, wajah yey kinclong putih banget sebenernya mbak dah curigesyen, mbak fikir yey pake susuk bowk. Memang yes, 2 hari setelah pemakaian wajah akan kliatan white, tapi setelah itsyu akan rusak nek, seperti sekarang ini, tuh liat ke cermin, cantikan mbak kan? Yey sekarang lapisan kulit epidermisnya mengelupas tuh, tunggu aja ntar jadi menghitam dan gelap gulita nek. Pori-pori yey juga makin menyempit. Aduh, sepertinya yey perlu capcus ke dokter deh say"

     "Mbak, kira-kira mas Broto masih cinta eke ga yes kalo tau eke wajah begindang?"
             

     Sumi senyum nan arif, "Kalau doi tulus mencintai cencu lah yao tetep akan cinta yey dalam keadaan apapun say. Hakekat pernikahan kan kudu menerima kekurangan dari masing-masing kan? Tapi bukan artinya kekurangan kita dipelihara lho nek, jadi yey tinta usah resah, anggap aja ini tes buat mas Broto, kalo dia menjauhi yey karena wajah yey korban merkuri artinya doi ga tulus, so relakan mas Broto buat eke yes?"

     Tweweweweeeeeengg!

     "Eke khawatir efeknya kian menjalar say, bisa kena kanker kulit, trus numpuknya racun didalam body seksi yey, bikin rusak organ dalem kayak ginjal, saraf, otak trus kalo dipake ibu hamil cencu bisa merusak janin. Serem kan yes? Baby bisa cacat permanen bowk. Pengen cantik malah rempong!"

     Marirah kian menggigil.

     "Nah kalo yey pake terus menerus, kandungan protein dan melanin di kulit yey tak bisa lagi melindungi kulit dari radiasi matahari say. Pas dihari tuir kelak akan ada bulatan item membahana"

     "Serem booooo!" Jerit Marirah sampai cerminnya retak.

     Penyesalan memang datang di akhir tapi tidak ada kata terlambat untuk memperbaikinya, termasuk urusan bermake up ria yes ladies! Cara alami sepertinya butuh proses dan ribet tapi bisa meminimalisir efek-efek berbahaya seperti diatas. So Ladies, ati ati memilih kosmetik yes!
*sumber foto google*


Salam Cantik

- Syahrintul -
Labels:

Post a Comment

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.